Tanaman Obat Herbal Untuk Diabetes

Tanaman Obat Herbal Untuk Diabetes


Diabetes merupakan penyakit akibat tidak mampu mengendalikan kadar gula yang ada di dalam darah. Berbagai gejala kerap dialami oleh penderita diabetes.

Di antaranya sering merasa haus, berat badan menurun drastis, sering kelelahan, penglihatan kabur, luka yang sulit sembuh, dan sering merasakan gatal-gatal.

Diabetes dapat dibagi menjadi dua tipe. Yakni diabetes kering dan diabetes basah. Diabetes kering menyebabkan tubuh si penderita tidak dapat memproduksi insulin. Sedangkan diabetes tipe kedua yakni diabetes basah yang juga dapat menyebabkan penyakit lain seperti stroke.

Kali ini Okezone akan mengulas tanaman obat yang bermanfaat bagi penderita penyakit diabetes. Berikut adalah tanaman obat tersebut sebagaimana dikutip dari disehat.com :

Daun Sambiloto

Meski daun sambiloto rasanya pahit, namun kandungan zat dalam daun ini sangat ampuh untuk mengatasi diabetes tipe kering maupun basah. Tak hanya itu saja, kandungan flavonoid pada daun sambiloto juga dapat membantu tubuh untuk memproduksi insulin.

Bawang

Selain digunakan untuk bumbu dapur, bawang juga dapat bermanfaat sebagai obat penyakit diabetes. Zat dan nutrisi pada bawang berguna untuk mencegah kerusakan insulin dalam tubuh, membantu melepaskan insulin dan juga dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah secara signifikan. Manfaat bawang merah yang lain adalah untuk menurunkan demam pada bayi.

Daun Pegagan 

Daun pegagan merupakan salah satu tanaman yang sering digunakan untuk campuran obat herbal. Daun ini kaya akan zat antiracun dan juga antibakteri yang sangat baik untuk menjaga kesehatan Anda. selain dapat digunakan untuk mengobati diabetes, daun pegagan juga bermanfaat untuk mengatasi tekanan darah tinggi.

Daun Salam

Daun salam juga sering digunakan untuk penyedap masakan. Namun selain itu, daun salam juga dapat Anda gunakan sebagai obat herbal diabetes. Kandungan vitamin pada daun salam dipercaya dapat bermanfaat untuk mengobati luka luar yang disebabkan oleh diabetes.

Cara menggunakannya pun mudah, Anda dapat langsung menempelkan daun salam yang sudah dihaluskan pada luka ataupun minum air rebusan daun salam. 

Ginseng

Ginseng mengandung berbagai macam nutrisi yang dapat Anda manfaatkan untuk mengatasi berbagai macam masalah penyakit.

Mengonsumsi ginseng setiap harinya dapat menstabilkan kadar gula dalam darah dan juga meningkatkan kadar insulin dalam tubuh

1 komentar:

Copyright © Tumbuhan Obat Herbal. All rights reserved. Template by Amanbet